USAID Indonesia Kaget Saat Tahu Tentang PJU Kota Makassar

USAID Indonesia Kaget Saat Tahu Tentang PJU Kota Makassar
VISITCELEBES.COM, MAKASSAR– United States Agency for International Development (USAID).  menyambangi kantor UPTD Lampu Jalan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Jl Kerung-kerung (eks THR), Makassar, selasa (29/10/2019).
Rombongan diterima oleh kepala UPTD Lampu Jalan H. Achmad Jusri. Dalam kunjungannya mereka membahas berbagai hal tentang Lampu jalan yang ada di kota makassar.
Mereka yang berkunjung ialah Indonesia Clean Energi Development (ICED), Bill Meade dan USAID INDONESIA Rosalina Pribadi (Projetc Management Specialist) dan beberapa rombongan dari USAID.
Satu hal yang membuat pihak USAID  tercengang saat mengetahui perkembangan lampu jalan dikota makassar, pasalnya tahun 2014 United States Agency for International Development (USAID) perna memberikan bantuan Hibah sebanyak 77 Lampu LED sebagai pilot project yang hemat energi dan ramah lingkungan, 2019 jumlah lampu LED dikota makassar sudah mencapai 20.000 bauh atau sekotar 70% dari jumlah lampu yang ada di kota makassar.
 “berkat pilot project lampu jalan ramah lingkungan yang di canangkan oleh United States Agency for International Development (USAID) menjadi motivasi buat UPTD lampu jalan untuk terus berbenah agar lampu jalan di kota makassar semakin ramah lingkunga dan hemat energi” kata H. Achmad Jusri
H. Achmad Jusri Menambahkan “lampu jalan di kota makassar sudah berbasis IT (smart PJU), lampu jalan pintar yang sudah bisa di kontrol menggunakan Android dan melalui monitoring room yang ada di kantor UPTD lampu jalan sehingga sangat memudahkan TIM operasional mengetahui ketika ada masalah pada lampu tersebut, selain sangat memudahkan untuk pemantauan, lampu yang digunakan juga  hemat energi karena dalam sistem smart pju menggunakan sistem dimming atau peredupan yang bisa di atur sesuai kebutuhan cahaya di daerah tersebut”

Clean Energi Development (ICED), Bill Meade mengaku kaget mendengar perkembangan lampu jalan dikota makassar, pihaknya sangat mengapresiasi kinerja UPTD lampu jalan kota makassar yang sangat memperhatikan persoalan penghematan Energi dan Penurunan Pemanasan global yang di timbulan oleh lampu jalan. Bill Meade menambahkan “lampu jalan kota makassar bisa menjadi pilot project penghematan energi dan pengurangan pemanasan global untuk seluruh kota yang ada di indonesia” (gogon)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *